Cara Jualan di Lazada untuk Pemula dan Tanpa Modal

Cara Jualan di Lazada untuk Pemula dan Tanpa Modal

 

Daya beli masyarakat yang semakin tinggi dimanfaatkan oleh pelaku bisnis online untuk mendapatkan keuntungan. Apalagi didukung oleh teknologi canggih dan sosial media yang membuat bisnis online lebih maju. Salah satunya kehadiran marketplace bernama Lazada yang memberi wadah pelaku usaha untuk menjual produknya. Berikut ada beberapa cara jualan di Lazada.

Mulai Pasarkan Bisnis Online di Marketplace

  1. Daftarkan Diri di Lazada

Lazada merupakan wadah bagi sejumlah pebisnis online untuk menjual produknya, agar cepat dikenal oleh masyarakat luas. Di platform ini penjual dan calon pembeli bertemu untuk melakukan transaksi. Anda sebagai pemilik usaha bisa mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya tidak perlu mendirikan toko fisik dan hemat pengeluaran pembuatan website.

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas anda perlu mendaftar terlebih dahulu di situs resmi Lazada. Di halaman utama klik menu Jual Di Lazada yang letaknya di bagian bawah. Pilih opsi Daftar Sekarang, lalu isi kolom pendaftaran sesuai petunjuk yang diminta. Nantinya anda perlu mengisi tipe toko, lokasi toko, nomor telepon, nama toko, email, kata sandi, dan validasi.

Setelah rangkaian pendaftaran tuntas, anda perlu melakukan aktivasi akun sesuai instruksi. Selanjutnya unggah Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai bukti identitas kepada pengelola platform. Selain itu sertakan halaman depan buku rekening tabungan yang masih aktif. Fungsinya untuk transaksi jual beli dengan calon pembeli produk jualan anda.

  1. Cermati dan Tanda Tangan Kontrak

Setelah proses pendaftaran selesai, calon penjual diminta untuk menandatangani kontrak perjanjian dengan pihak Lazada. Tahapan ini sangat penting untuk dipahami para pemilik bisnis, mengingat hubungan kerjasama akan berlangsung lama. Baca dan cermati detail isi kontrak agar kelak tidak ada salah paham, dengan tujuan untuk menghindari kerugian di masa depan.

Jika sudah dibaca dan memahami dengan baik isi kontrak perjanjian, maka anda boleh langsung menandatanganinya. Kemudian upload kembali dokumen tersebut sesuai dengan instruksi yang diminta. Jangan lupa simpan isi perjanjian tersebut di tempat aman dalam laptop, komputer, atau smartphone. Bila perlu print out kontraknya dan simpan di lemari.

  1. Mulai Unggah Produk Jualan

Sebelum mendaftarkan diri di Lazada, anda tentu sudah memikirkan produk apa yang akan ditawarkan. Jika proses pendaftaran telah selesai dan akun dinyatakan aktif, maka anda bisa langsung berjualan. Cara jualan di Lazada sangat mudah anda tinggal foto produk anda lalu unggah di platform. Tapi sebelumnya pastikan angle pengambilan gambar apik dan meyakinkan.

Upload beberapa foto produk ke akun pribadi anda, ikuti sesuai dengan instruksi yang diberikan. Tunggu sebentar hingga gambar bisa terunggah dengan maksimal. Jangan lupa berikan keterangan produk secara jelas dan sesuai gambar. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh calon pembeli. Sehingga customer memahami keterangan produk dengan baik.

  1. Mulai Jualan dan Promosi

Setelah resmi menjadi penjual di aplikasi penjualan ini, anda harus siap melayani calon pembeli dengan santun. Jika bertanya soal harga atau keunggulan produk jawab sejujurnya dan harus sabar. Anda juga bisa membuat iklan (Ads) untuk mendapatkan banyak keuntungan. Bila terlalu rumit cukup manfaatkan akun Facebook atau media sosial lainnya.

Kehadiran Lazada sangat membantu meningkatkan pamor para pelaku bisnis oline. Jika dulu sulit untuk mendapatkan pembeli, kini tidak pernah sepi transaksi. Cukup mudah untuk menjadi bagian dari salah satu penjual dari marketplace ini. Bahkan tidak perlu menyiapkan modal besar atau toko fisik, cukup keahlian dalam memanfaatkan digital marketing saja.