5 Tempat Wisata Air Terjun Jogja Yang Indah

Saat ini orang lebih banyak memilih untuk berwisata alam yang memiliki udara segar.Salah satu tempat destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu wisata air terjun.

Dan jika kamu akan mengunjungi Jogja dengan memilih paket tour jogja sekaligus ingin mencari udara yang segar,maka tak ada salahnya untuk berkunjung ke air terjun berikut :

1. Air Terjun Luweng Sampang

Air terjun yang terletak di Jalan Juminahan Sampang yang masuk dalam kecamatan Gedangsari dan Kabupaten Gunung Kidul ini terlihat sangat menarik untuk kita eksplor.

Disini kita bisa menjumpai air terjun dengan hiasan batu cadas yang berwarna putih, terlihat kontras dengan airnya yang berwarna biru.

Jika kita amati lebih dekat, bebatuan cadas tersebut memiliki corak yang unik dan terlihat lebih menarik. Kita juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dari atas batuan cadas.

Sebaiknya kita mengunjungi air terjun Luweng ini pada musim penghujan karena airnya cukup besar sehingga makin menarik.

2. Air Terjun Sri Gethuk, Kabupaten Gunungkidul

Tempat wisata air terjun Sri Gethuk ini berada di Kecamatan Playen yang masuk di kawasan Gunungkidul. Disini kita bisa menikmati pemandangan indah air terjun atau mengunjungi tempat wisata Goa Rancang Kencana.

Untuk menuju ke lokasi ini kita memiliki dua alternatif, diantaranya yaitu dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 450 meter. Kemudian yang kedua yaitu kita bisa menggunakan rakit dengan tarif Rp 10 ribu rupiah.

Selain itu juga tersedia flying fox untuk para pengunjung serta body rafting yang sayang untuk dilewatkan.

3. Grojogan Watu Purbo

Jika penasaran ingin melihat air terjun yang memiliki tingkat sebanyak 6 buah maka kamu bisa menuju ke Grojogan Watu yang ada di Bangunrejo, Desa Mardikenyo.

Desa tersebut juga masuk dalam Kecamatan Tempel dan kabupaten Sleman. Sejak beberapa waktu yang lau, tempat wisata ini juga cukup viral. Padahal tempat tersebut sudah ada sejak tahun 1975 namun baru dikenal mulai tahun 2017.

Sungai Krasak dan sungai Nebeng ini adalah dua sungai yang merupakan sumber aliran yang ada di Grojogan Watu. Dikarenakan air terjun ini memiliki bebatuan yang besar maka wisatawan bisa menikmati setiap tangga dari air terjun tersebut melalui bebatuan.

Namun jika hanya ingin menikmati pemandangan air terjun tingkat enam ini maka kamu bisa melakukannya sambil bersantai di gazebo yang sudah disiapkan.

4. Air Terjun Lepo

Air terjun Lepo berlokasi di Dusun Pokoh, yang masuk dalam wilayah desa Dlingo. Desa inu ada di kecamatan Dlinggo dan kabupaten Bantul.

Udara yang ada di daerah ini terasa sejuk dan memiliki pemandangan indah. Tentunya hal itu tak lepas dari letaknya yang berada di perbukitan.

Pengunjung juga bisa berenang di kolam yang berada di air terjun ini. Namun perlu diingat bahwa kolam pertama cukup dalam, sehingga pihak pengelola juga berinisiatif untuk menyewakan ban.

Dan bagi anak-anak bisa menikmati mandi di alam sekaligus berenang di kolam kedua. Disini anak bebas berenang kesana kemari.

5. Air Terjun Tlogo Muncar

Air terjun berikutnya yaitu air terjun Tlogo Muncar yang terletak di Kaliurang dan masuk dalam kabupaten Sleman.

Disini kita disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu sambil menaiki anak tangga berbatu, kita juga disambut dengan pepohonan yang asri yang merupakan habitat monyet ekor panjang.

Tempatnya yang berada di ketinggian juga menjadikannya udara disini terasa sejuk dan dingin.

Itulah beberapa air terjun yang ada di Jogja yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata menarik saat berlibur ke Jogja.